Saturday, January 29, 2011

Brand Performance 2002 Telkomsel terima Indonesian Best Brand Award

Hari ini Telkomsel menerima penghargaan Indonesian Best Brand Award (IBA) untuk kedua produknya, kartuHALO (postpaid) dan simPATI (prepaid). Penghargaan diterima oleh Direktur Niaga Telkomsel - Woerjanto Soeradji dan GM Marketing - Erik Meijer, pada acara Malam Penyerahan Penghargaan IBA 2002 di Hotel Shangri-La Jakarta.

Penghargaan IBA ini berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan bulan Maret - April 2002 oleh lembaga penelitian MARS yang bekerjasama dengan majalah SWA melalui 3.044 responden yang mewakili berbagai lokasi kota besar (Jakarta 605 responden, Bandung 622, Semarang 604, Surabaya 599, dan Medan 614). Profil responden berusia 15 - 55 tahun dengan Status Sosial Ekonomi semua golongan. Di mana survey tersebut menghasilkan berbagai gambaran bahwa :


  1. kartuHALO dan simPATI sebagai Top of Mind terbesar di antara kartu paska bayar dan prabayar yang ada
  2. Iklan kartuHALO dan simPATI sebagai Top of Mind terbesar di antara iklan kartu paska bayar dan prabayar yang ada.
  3. Image responden terhadap kartuHALO sebagai kartu paska bayar yang memiliki sinyal yang bagus, jangkauan luas, akses cepat, pelayanan bagus, dll.
  4. Image responden terhadap simPATI sebagai kartu prabayar yang memiliki jangkauan luas, akses cepat, sinyal bagus, dan batas waktu aktif yang dimiliki lebih lama dibanding kartu prabayar lainnya.
Mengomentari penghargaan ini, Direktur Niaga Telkomsel mengatakan "Brand award ini tentunya akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi pelanggan kartuHALO dan simPATI sebagai produk selular yang selama ini mereka gunakan. Dan bagi Telkomsel, penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk pengakuan pihak lain atas hasil dari berbagai upaya kami dalam memberikan yang terbaik bagi pelanggan"

Penghargaan ini merupakan yang kesekiankalinya bagi Telkomsel, di mana pada tahun-tahun sebelumnya, sejak resminya beroperasi 26 Mei 1995, sampai saat ini Telkomsel telah menerima berbagai penghargaan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri, antara lain :

  • Tahun 2001 : Telkomsel naik 2 pringkat menjadi No: 7 -The Big 10 Leading Company in Indonesia- (dalam majalah Far Eastern Economic Review)
  • Tahun 2001 : -EXEM Champion Award untuk program Customer Loyalty- (dari Komite EXEM Indonesia - Experiential Marketing and Emotional Branding)
  • Tahun 2000 : Peringkat ke-9 -The big 10 Leading Company in Indonesia- (dalam majalah Far Eastern Economic Review)
  • Tahun 2000: -Total Customer satisfaction for simPATI pre-paid card- (dari ICSA-frontier dan majalah SWA)
  • Tahun 1999 : -The Best Achieving Customer Satisfaction toward Service Quality- (dari ICSA-frontier dan majalah SWA)
  • Tahun 1999 : -The first Indonesian company to receive the Y2K ISO Certification- (dari Sucofindo)
  • Sejak Tahun 1997 : -Sertifikat ISO 9002 untuk Customer service On-line- (dari The TUV rheinland)
KartuHALO

Kartu jenis paska bayar Telkomsel ini menerobos pasar melalui pendekatan kultur dan ke-Indonesiaan, baik dari sisi nama -kartuHALO- sebagai pengganti sebutan simcard GSM, maupun desain pada kartunya yang mengangkat berbagai macam nilai kebudayaan yang ada di Indonesia.

Berbagai layanan yang bernilai tambah (Value Added Services - VAS) dan fasilitas menjadikan kartuHALO menjadi pilihan utama pengguna jasa selular. Dalam hal ini pelanggan dapat menikmati VAS seperti : Layanan informasi billing (Voice dan SMS ke 333), Mobile Banking, Mobile data service ( www.telkomsel.com ), dll. Sedangkan fasilitas yang menempel pada kartuHALO antara lain: SMS, Call Forwarding, Caller line identification, Call Waiting, Premium rate Call Barring, Voice Mail, Fax and Data Service, IDD/SLI, National&International Roaming, dll.

simPATI

kartu prabayar isi ulang ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia. Dalam hal ini Telkomsel mempelopori layanan kartu prabayar pada saat yang tepat di mana saat krisis ekonomi sedang melanda di tahun 1997 dan simPATI memberikan solusi para pengguna jasa selular mulai melakukan pengontrolan anggaran komunikasinya. Sejalan dengan perjalanan waktu, simPATI terus melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Secara keseluruhan fasilitas dan layanan simPATI sama seperti kartuHALO.

Sekilas Telkomsel
  • Jumlah pelanggan Telkomsel saat ini lebih dari 4,2 juta pelanggan atau mencapai 50% market share pasar selular yang ada.
  • Operator dengan jaringan terluas di Indonesia yang menggunakan sistem dual band (900 dan 1800) yang telah melayani mencapai 80% populasi atau hampir sekitar 400 kota di Indonesia, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan.
  • Kapasitas trafik SMS dapat meng-handle sekitar13 juta pesan per hari
  • International roaming dengan 147 operator di 64 negara di 5 benua
  • Pelayanan pelanggan face to face dilayani oleh GraPARI dan geraiHALO di banyak tempat di Indonesia, sedangkan untuk sistem on-line 24 jam dilayani dengan Caroline (Customer Service On-line)
  • Aplikasi teknologi sudah beranjak ke generasi 2,5 dengan diimplementasikannya layanan Telkomsel Mobile Data Services ( www.telkomsel.com ) dan GPRS yang mewakili 3G secara bertahap diinjeksi ke sistem jaringan.
  • Misi pelayanan Telkomsel adalah menyediakan layanan selular dengan jangkauan yang terus diperluas dengan kapasitas serta mutu yang terus ditingkatkan sesuai dengan standar yang diakui dunia. Di satu sisi, Telkomsel memandang bahwa pengelolaan bisnis selular haruslah memberikan nilai tambah bagi pelanggan, stakeholder, dan lingkungan bisnisnya.
Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :

CORPORATE COMMUNICATIONS TELKOMSEL

Phone (021) 5240811, Fax (021) 5276632
  1. azis@telkomsel.co.id
  2. suryo@telkomsel.co.id

No comments:

Post a Comment